Permasalahan Kesehatan dan Tumbuh Kembang Bayi usia 2 Bulan

image

PERMASALAHAN KESEHATAN DAN TUMBUH KEMBANG BAYI USIA 2 BULAN

Pertumbuhan

Tinggi badan optimal  Rentang 58
(54 – 62) Cm
Berat badan optimal  Range 5.6 kg
(4.3 – 7.1) Kg
Tinggi badan optimal 
Rentang 57 (53 – 62) Cm
Berat badan optimal  Range 5.1 kg
(3.9 – 7.1) Kg

Ukuran rata-rata lingkar kepala bayi ketika lahir adalah 34-35 cm. Lingkar kepala ini akan bertambah 2 cm per bulan pada usia 0-3 bulan

Perkembangan:

Perkembangan Normal Sosial dan Emosi 
Bayi yang baru lahir adalah makhluk sosial. Bayi Anda akan senang untuk disentuh, dipegang, rayu untuk, dan tersenyum. Pada awal bulan pertama, bayi Anda mungkin mulai bereksperimen dengan membuat wajah pada Anda. Dia akan menikmati menonton wajah anda dan dapat meniru beberapa gerakan tersebut. Julurkan lidah dan menonton saat ia melakukan hal yang sama.

Fungsi Pendengaran

Bayi Baru lahir Sejak lahir bayi Anda akan memperhatikan suara dan suara, terutama yang bernada tinggi. Dia juga akan merespon suara akrab, seperti suara atau lagu ninabobo Anda bermain atau sering menyanyikan nya. Dia mungkin terkejutk oleh keras atau suara tak terduga. Sejak lahir, bayi memperhatikan suara-suara, terutama yang bernada tinggi. Bayi Anda akan merespon suara akrab (seperti Anda berbicara ataupasangan Anda) dan mungkin mengejutkan pada suara keras atau tidak terduga. Bagaimana bayi menanggapi suara sebagian bergantung pada temperamen. Seorang bayi lebih sensitif dapatmelompat pada setiap suara kecil, misalnya, sementarabayi lebih tenang mungkin memerlukan waktu lebih suaradengan tenang

Fungsi Penglihatan

Banyak kemajuan dalam pengembangan penglihatanberlangsung pada usia dua dan tiga bulan. Bayiberkembang ketajaman visual yang lebih baik selama periode ini, dan mata mereka mulai bergerak lebihbaik.Usia ini bayi harus sudah mengikuti obyek yang bergerakpada tahap ini dan mulai meraih hal-hal yangdilihatnya.Cerah, ceria ruangan dengan banyak warna dan variasi bentuk membantu merangsang perkembanganpenglihatan bayi Anda.Padatahap ini perkembangan belajar untuk mengalihkanpandangan mereka dari satu objek ke yang lain tanpa harus memindahkan kepala. Mata bayi menjadi lebihsensitif terhadap cahaya: pada usia tiga bulan, ambang batas deteksi cahaya seorang bayi hanya 10 kali lipat dariorang dewasa. Jadi anda bisa lakukan bila inginmeredupkan lampu sedikit lebih redup untuk tidur siangdan tidur.

Tips Stimulasi: Untuk membantu merangsang bayi Anda– untuk pengembangan penglihatan usia  3–bulan,American Optometric Association (AOA)merekomendasikan:  Menambahkan jenis barang baru kekamar atau sering mengubah lokasi ayunan atauberbagai bareang dan perabot yang ada di dalam ruangan kamar bayi. Berbicara dengan bayi Anda saat Anda berjalan di sekitar ruangan. Jauhkan lampu malamuntuk memberikan stimulasi visual ketika mereka terjagadalam buaian mereka. Sementara bayi harus ditempatkan di punggung mereka untuk tidur untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), menempatkan mereka pada perut mereka ketika mereka terjaga dan Anda bisa mengawasi mereka. Hal ini memberikan pengalaman visual dan motorik.

Status Imunisasi:

* Imunisasi Polio, Imunisasi polio akan memberikan kekebalan terhadap serangan virus polio. Penyakit akibat virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan.

* Imunisasi DTP, Dengan pemberian imunisasi DTP, diharapkan penyakit difteri, tetanus, dan pentusis, menyingkir jauh dari tubuh si kecil.

Imunisasi HIB. Penyakit Hib bisa dicegah melalui imunisasi Hib. Imunisasi Hib tidak dapat melindungi kanak- kanak daripada mendapat penyakit yang disebabkan oleh bakteria/ virus yang lain. Kanak- kanak mungkin boleh mendapat lain jenis jangkitan radang paru- paru, radang selaput otak atau selesma.  Semua bayi berumur 2, 3 dan 5 bulan perlu diberi imunisasi Hib Imunisasi Hib diberikan sebanyak 3 dos. Umur Dos: 2 bulan Dos 1, 3 bulan Dos 2, 5 bulan Dos 3

image
Permasalahan Umum Kesehatan:

GANGGUAN SALURAN CERNA : Sering muntah/gumoh, kembung,“cegukan”, sering buang angin, sering “ngeden /mulet”, sering REWEL / GELISAH/COLIK terutama malam hari), Sering buang air besar (> 3 kali perhari), tidak BAB tiap hari, BERAK DARAH. Hernia Umbilikalis (pusar menonjol), Scrotalis, inguinalis (benjolan di selangkangan, daerah buah zakar atau pusar atau “turun berok”) karena sering ngeden sehingga tekanan di dalam perut meningkat.Kulit sensitif, sering timbul bintik atau bisul kemerahan terutama di pipi, telinga dan daerah yang tertutup popok. Kerak di daerah rambut.Timbul bekas hitam seperti tergigit nyamuk. Mata, telinga dan daerah sekitar rambut sering gatal, disertai pembesaran kelenjar di kepala belakang. Kotoran telinga berlebihan kadang sedikitberbau.Lidah sering timbul putih (seperti jamur). Bibir tampak kering atau bibir bagian tengah berwarna lebih gelap (biru).Napas grok-grok, kadang disertai batuk sesekali terutama malam dan pagi hari siang hari hilang. Bayi seperti ini beresiko sering batuk atau bila batuk sering lama (>7hari) dan dahak berlebihan )Sesak bayi baru lahir disertai kelenjar thimus membesar (TRDN/TTNB). BILA BERAT SEPERTI PARU-PARU TIDAK MENGEMBANG (LIKE RDS) Bayi usia cukup bulan (9 bulan) secara teori tidak mungkin terjadi paru2 yang belum mengembang. Paru tidak mengembang hanya terjadi pada bayi usia kehamilan < 35 minggu)  Bayi seperti ini menurut penelitian beresiko asthma (sering batuk/bila batuk sering dahak berlebihan )sebelum usia prasekolah. Sering bersin, pilek, kotoran hidung banyak, kepala sering miring ke salah satu sisi (Sehingga beresiko kepala “peyang”) karena hidung buntu, atau minum dominan hanya satu sisi bagian payudara. Karena hidung buntu dan bernapas dengan mulut waktu minum ASI sering tersedakMata sering berair atau sering timbul kotoran mata(belekan) salah satu sisi/kedua sisi.Sering berkeringat (berlebihan)Karena minum yang berlebihan atau sering minta minum berakibat berat badan lebih dan kegemukan (umur GANGGUAN NEURO ANATOMIS FUNGSIONAL  : 
Mudahkaget 
bila ada suara yang mengganggu. Gerakan tangan, kaki dan bibir sering gemetar. Kaki sering dijulurkan lurus dan kaku
Breath Holding spell : bila menangis napas berhenti beberapa detik kadang disertai sikter bibir biru dan tangan kaku. Mata sering juling (strabismus). Kejang tanpa disertai ganggguan EEG (EEG normal)

PROBLEM MINUM ASI : minum berlebihan, berat berlebihan karena bayi sering menangis dianggap haus. Haus palsu adalah tampilan bayi sering menangis, mulutnya sering seperti mau ngempeng atau mencari puting tampak sucking refleks berlebihan dirangsang pipinya sedikit sudah seperti mencari puting. Hal itu belum tentu karena haus atau bukan karena ASI kurang. Pada bayi alergi yang sering rewel seringkali saluran cernanya sedikit sakit sehingga bila ada perasaan tidak nyaman bayi akan sering seperti ngempeng atau minta digendong. Sering menggigit puting sehingga luka. Minum ASI sering tersedak, karena hidung buntu dan napas dengan mulut. Minum ASI lebih sebentar pada satu sisi,`karena satu sisi hidung buntu, jangka panjang bisa berakibat payudara besar sebelah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s