Kenali 7 Gejala Usus Buntu atau Apendisitis Akut

 

Apendisitis adalah peradangan dari apendiks vermiformis, dan merupakan penyebab abdomen akut yang paling sering. Penyakit ini dapat mengenai semua umur baik laki-laki maupun perempuan, tetapi lebih sering menyerang laki-laki berusia antara 10-30 tahun .

Penyebab Apendisitis (Radang Usus Buntu)

Penyebab dari apendisitis atau radang usus buntuk adalah adanya penyumbatan pada lapisan usus buntu yang menyebabkan infeksi. Akibat infeksi tersebut, bakteri berkembang biak dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan usus buntu menjadi meradang dan penuh dengan nanah. Tersumbatnya usus buntu tersebut biasanya diakibatkan oleh tinja, benda asing dalam tubuh, pembesaran folikel limfoid ,cacing atau adanya kanker dalam usus buntu tersebut. Apa bila usus buntu bocor atau pecah keadaan benda atau tinja tersebut dapat mengisi perut dan terjadi abses, hal ini merupan kondisi darurat medis.

Tanda dan Gejala Apendisitis (Radang Usus Buntu)

Gejala yang terlihat pada penderita apendisitis diantaranya adalah

  1. Nyeri pada sisi kanan bagian bawah perut terasa sakit. Nyeri terus menerus seharian. Jalan nyeri kadsng jalan sambil membungkuk.Rasa sakit pada apendisitis bisa datang dengan kram, dan akan menjadi lebih berat seiring bertambahnya waktu. Tanda awal
    nyeri mulai di epigastrium atau region umbilicus disertai mual dan anorexia.
    Demam biasanya ringan, dengan suhu sekitar 37,5 – 38,5o C. Bila suhu lebih tinggi, mungkin sudah terjadi perforasi.. Nyeri berpindah ke kanan bawah dan menunjukkan tanda rangsangan peritoneum lokal di titik Mc Burney
    nyeri tekan nyeri lepas defans muskuler .Nyeri rangsangan peritoneum tak langsung nyeri kanan bawah pada tekanan kiri (Rovsing’s Sign) nyeri kanan bawah bila tekanandi sebelah kiri dilepaskan (Blumberg’s Sign) nyeri kanan bawah bila peritoneum bergerak seperti nafas dalam berjalan batauk atau mengedan.
  2. Mual dan muntah
  3. kehilangan nafsu makan, mual, muntah, diare, sembelit,
  4. Ketidakmampuan untuk buang angin,
  5. Pembengkakan perut,demam yang disertai wajah memerah, dan merasa nyaman dan lebih baik setelah buang tinja.
  6. Radang usus buntu terkadang tidak mempengaruhi kebiasaaan buang air besar, akan tetapi lebih mempengaruhi kebiasaan buang air kecil.
  7. Gejala apendisitis akut pada anak tidak spesifik. Gejala awalnya sering hanya rewel dan tidak mau makan. Anak biasanya tidak bisa melukiskan rasa nyerinya. Dalam beberapa jam kemudian akan timbul muntah-muntah dan anak menjadi lemah dan letargi. Karena gejala yang tidak khas tadi, sering apndisitis diketahui setelah perforasi. Pada bayi, 80-90% apendisitis baru diketahui setelah terjadi perforasi.
    Pada beberapa keadaan, apendisitis agak sulit didiagnosis sehingga tidak ditangani pada waktunya dan terjadi komplikasi. Misalnya, pada orang berusia lanjut yang gejalanya sering samar-samar saja sehingga lebih dari separuh penderita baru dapat didiagnosis setelah perforasi.
    8. Pada kehamilan, keluhan utama apendisitis adalah nyeri perut, mual dan muntah. Yang perlu diperhatikan adalah, pada kehamilan trimester pertama sering juga terjadi mual dan muntah. Pada kehamilan lanjut, sekum dan apendiks terdorong ke kraniolateral sehingga keluhan tidak dirasakan diperu kanan bawah tetapi lebih ke regio lumbal kanan.
www.dokterindonesiaonline.com

Provided By DOKTER INDONESIA ONLINE Yudhasmara Foundation   Medicine is not only a science; it is also an art. It does not consist of compounding pills and plasters; it deals with the very processes of life, which must be understood before they may be guided. Address MENTENG SQUARE Jl Mataraman 30 Menteng Phone 021-29614252 – 081315922012 – 081315922013 email : dokterindonesiaonline@gmail.com   http://dokterindonesiaonline.com   Supported By “GRoW UP CLINIC”  Editor in Chief : Audi Yudhasmara. Editor: : Sandiaz Yudhasmara Medical Advisory Panel : Dr Widodo Judarwanto, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae: twitter @WidoJudarwanto facebook: www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O87880001083 PIN BB  76211048. Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation. Komunikasi dan Konsultasi: Dokter Indonesia Online-Facebook  Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online DOKTER INDONESIA ONLINE: Dokter Indonesia Online DOKTER ANAK ONLINE : Dokter Anak Online ALERGI ASMA : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online SULIT MAKAN DAN GANGGUAN BERAT BADAN : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online

Copyright © 2016 @Dokter Indonesia Online – Informasi Edukasi Networking. All rights reserved

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s