dr. Edi Mustamsir, Dokter Alumni FKUA 83 Raih Gelar Doktor

wp-1517456686207..jpgdr. Edi Mustamsir, Dokter Alumni FKUA 83 Raih Gelar Doktor

Osteoartritis (OA) adalah suatu kondisi yang kompleks yang terjadi akibat adanya proses degradasi dan reparasi pada tulang rawan dan tulang disertai dengan reaksi inflamasi sekunder, terutama pada synovium. Perkembangan OA tampaknya merupakan kombinasi dari ketidakseimbangan metabolisme baik pada tulang rawan sendi maupun tulang subkondral. Hingga saat ini tidak ada terapi yang seragam yang dapat diterima yang dapat merubah perjalanan penyakit OA. Demikian disampaikan dr. Edi Mustamsir, SpOT dalam disertasinya yang berjudul “Kalsitonin Mengubah Fenotip Osteoblas Osteoartritis dan Menghambat Perubahan Hipertrofik Kondrosit Tulang Rawan Sendi Melalui Regulasi Aktivitas ERK-1/2 dan p38”. Ujian terbuka disertasi ini digelar Rabu (28/3), di Lantai 6 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Brawijaya (UB).

Berdasarkan pengamatan dari bukti klinis dan eksperimental, integritas struktural dari tulang rawan sendi tergantung pada turnover tulang subkondral yang normal, fungsi kondrosit yang utuh dan beban biomekanika yang normal. Karena terdapat hubungan yang sangat erat antara tulang rawan sendi dan tulang subkondral, terapi yang ideal pada kondisi beban biomekanik yang normal tentunya adalah agen yang dapat meregulasi aktivitas metabolik pada tulang dan tulang rawan.

Pada penelitian ini, Edi meneliti apakah terdapat perubahan fenotip osteoblas OA setelah pemberian kalsitonindan apakah ko kultur antara osteoblas OA yang telah terpapar kalsitonin dapat menghambat perubahan hipertrofik kondrosit tulang rawan dan apakah terdapat peran dari regulasi aktivitas ERK-1/2 dan p38 pada kondrosit dalam menyebabkan timbulnya efek tersebut.

Dari hasil penelitiannya Edi mengungkapkan, Kalsitonin menyebabkan perubahan fenotip osteoblas OA dan perubahan fenotip osteoblas OA dapat menghambat perubahan hipertrofik kondrosit melalui regulasi aktivitas ERK-1/2 dan p38. Osteoblas OA dapat menyebabkan perubahan fenotip kondrosit tulang rawan sendi kearah kondrosit hipertrofik pada ko kultur antara medium osteoblas OA dan kondrosit. Efek Kalsitonin pada perubahan fenotip kondrosit kemungkinan terjadi melalui regulasi jalur sinyal MAPK dalam hal ini ERK-1/2 dan p38.

Ia merekomendasikan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui faktor apa yang paling berperan dalam perubahan fenotip kondrosit pada ko kultur antara osteoblas OA dan kondrosit. Perubahan fenotip osteoblas OA mungkin dapat menjadi salah satu target terapi dari penatalaksanaan OA yang sedemikian kompleks. Perlu juga dipikirkan penelitian lanjutan guna membuktikan apa efek kalsitonin pada kondrosit terjadi melalui perubahan fenotip osteoblas OA atau merupakan efek langsung kondrosit terhadap kaslitonin atau gabungan keduanya, mengingat adanya laporan tentang didapatkannya reseptor kalsitonin pada kondrosit.

Majelis penguji yang terlibat dalam ujian terbuka disertasi ini adalah Prof. Dr. dr. Mohamad Hidayat, SpB, SpOT (Promotor), Prof. Dr. dr. M. Rasyad Indra, MS (Ko-promotor), Dr. drg. Nur Permatasari, M.Kes (Ko-promotor), Prof. dr. Djoko Wahono S., SpPD.KEMD, Prof. Dr. dr. Handono Kalim, SpPD, KR, dan penguji tamu dari FK Universitas Airlangga Prof. Dr. dr. Djoko Roeshadi, SpB, SpOT. Setelah mempertahankan disertasinya di hadapan majel

is penguji, Edi Mustamsir berhak mendapat gelar Doktor Ilmu Kedokteran Minat Biomedik dengan IPK 4,00 dan predikat sangat memuaskan dalam masa studi 5 tahun 6 bulan.

Edi Mustamsir lahir di Pontianak, 10 Desember 1964. Ia meraih gelar dokter umum pada tahun 1989 dan Ahli bedah Orthopedi pada tahun 1997 di Universitas Airlangga Surabaya. Ia menikah dengan dr. Minuk Pratiwi, SpRad dan dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah Nadina Zerlinda Mustamsir, M. Rahadian Mustamsir, dan Safira Paramita Mustamsir. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala SMF Orthopedi dan Traumatologi RSU Dr. Saiful Anwar Malan

sumber: http://www.prasetya.ub.ac.id

 

wp-1494726956551

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s